Cara membuat septic tank - cara agar septic tank tidak cepat penuh.

by Cakkandar , at 8:50:00 PM
Cara Membuat Septic tank atau Tandon tinja agar tidak cepat penuh 
Septic tank atau biasa di sebut sepitank adalah tempat penampungan limbah kotoran manusia yang mana harus tepat dan benar dalam membuatnya dan benar dalam hal fungsinya dan tentu saja tidak membahayakan atau tidak mencemari tanah di sekitarnya.
Dipelosok daerah atau desa,  membuang limbah manusia atau biasa di sebut tinja mungkin biasanya dengan membuat jamban di belakang rumah dengan cara dibuatkan lubang saja seperti sumur ya,,,kira-kira berdiameter 60 - 1 meter, dan diatasnya ditutup  memakai papan atau bambu, dan dinding yang sederhana, yach...,,,maklum di pedesaan. Setelah dipakai beberapa bulan/tahun (tergantung kondisi tanah) kalau sudah penuh, tinggal di urug pakai tanah dan bikin lagi di sebelahnya.



gambar jamban di desa
jamban di desa
Nah itu yang kondisinya didesa,,!!Tapi bagi anda yang berada di kota..???Apakah bisa menerapkan hal semacam itu.??
Saya rasa jawabanya Tidak..!!! Rumit dong jadinya kalau di kota memakai cara seperti itu, karena secara langsung kita lihat padatnya penduduk dikota dan rumah yang saling berhimpit-himpitan, Lah jika cara diatas kita coba dikota bagaimana jadinya air yang kita konsumsi setiap hari, pastinya tidak baik dan bahaya untuk kesehatan. Perlu anda tahu bahwa pembuatan tandon atau septictank yang tidak benar akan mencemari tanah,air dan lingkungan disekitar, hal ini disebabkan oleh bakteri yang berasal dari tinja dan sisa-sisa karbohidrat,protein,lemak dan senyawa lainnya. Dan limbah tadi terurai oleh mikroba pengurai dan enzimnya, sehingga menghasilkan zat amonio,nitrogen,metana,karbondioksida,alcohol,dan lain-lainnya.
Tanpa basa-basi lagi, berikut cara untuk membuat septictank yang tepat,akurat,dan benar. Silakan simak baik-baik.

1. septictank 3 ruang tertutup

septictank 3 ruang tertutup ini cocok bagi anda yang mempunyai ruang atau lahan yang cukup luas,karena septictank 3 ruang tertutup ini didesain dengan ukuran sedang sampai jumbo.
berikut cara membuat septictank 3 ruang tertutup adalah sebagai berikut:
 - gali tanah dengan ukuran panjang minimal 2m dan lebar minimal 1m, sedangkan kedalamannya minimal 1m.
- kalau tanah sudah digali sesuai keinginan, kini anda tinggal memasang bata sebagai dindingnya.
- setelah itu pasang bata melintang seperti anda membuat ruangan atau kamar sebanyak tiga ruang.(lihat gambar)
gambar desain septic tank 3 ruang
Septic tank 3 ruang

- ruang yang pertama bagian bawah biarkan berlubang dengan diameter 20cm-50cm,hal ini dimaksudkan agar memaksimalkan volume ruang pertama untuk mengisi ruang kedua.

- ruang kedua itu terserah anda, bisa membuat lubang ditengah atau membuat lubang di atas.(saran saya anda buat lubang diatas saja,karena itu berfungsi menahan debit kotoran dan airnya saja yang masuk ke ruang 3).

- berikut adalah ruang ketiga, saya menyarankan pada ruang ketiga ini pada bagian dinding dan dasarnya jangan anda semen atau di plester, tujuannya agar limbah kotoran cair dapat meresap kedalam tanah.

2. septictank  2 ruang

Bagi anda yang tempat tinggalnya berhimpit-himpitan atau ruangan dan lahan yang terbatas, septictank 2 ruang ini mungkin bisa jadi solusi anda. Karena selain pembuatannya yang cukup mudah,praktis dan cepat, septictank 2 ruang ini juga dapat menghemat waktu dan biaya anda.
caranya pun sama seperti membuat septictank 3 ruang, cuma bedanya pada lubangnya. Pada septictank 3 ruang kita harus membuat 2 lubang (pertama dibawah dan yang kedua diatas), sedangkan pada septictank 2 ruang ini kita hanya membuat 1 lubang yang berada diatas (tepat diatas tutup septictank). Lubangnya pun jangan terlalu besar  dan saya sarankan menggunakan pipa pvc yang berukuran 2"-3", hal ini dimaksudkan agar airnya saja yang masuk pada ruang 2 dan endapan lumpur tetap pada bagian ruang pertama.

Nah diatas sudah saya jelaskan cara membuat septictank yang benar dan mungkin dapat menghemat waktu dan biaya anda untuk memanggil tukang sedot wc karena septictank dirumah anda cepat penuh, Tapi sebagai  tambahan dari saya "cepat atau lamanya masa penyedotan, itu tergantung dari kondisi tanah dan sumber air ditempat anda". Dan bila masa itu bila sudah tiba (septictank penuh), silakan saja kontak kami "SEDOT WC I.D JAYA" bila anda membutuhkan Sedot WC untuk area Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Mojokerto, Jombang, Pasuruan dan sekitarnya, kami siap membantu anda deengan layanan 24 jam non stop.

Itulah uraian tentang Cara Membuat Septic tank atau Tandon tinja agar tidak cepat penuh

Cara membuat septic tank - cara agar septic tank tidak cepat penuh.
About
Cara membuat septic tank - cara agar septic tank tidak cepat penuh. - written by Cakkandar , published at 8:50:00 PM, categorized as desain septic tank , tips dan trick
Comment disabled
Copyright ©2013 - SEDOT WC LIMBAH MAMPET by
Theme designed by Damzaky
Powered by Blogger